Senin, 30 April 2012

Kaitan Karakter Pemuda Dengan Riset Dan Teknologi

            Dizaman yang serba modern seperti saat ini, dimana akses informasi dan perkembangan teknologi telah pesat, sehingga membentuk insan–insan yang modelnya beraneka ragam dalam hal peradaban dan karakter. Tidak dipungkiri bahwasanya keanekaragaman dalam adab dan karakter tersebut banyak yang melenceng dan menyalahi etika, moral dan agama. Hal tersebut tercermin dalam kehidupan remaja sekarang, baik dalam aspek perilaku, ucapan dan pemikiran.
Sebagai Insan berpendidikan, terlebih mahasiswa, seyogyanya pembangunan karakter juga penguatan prinsip dalam bersikap telah terbentuk dengan kokoh. Hal tersebut sebagai indikasi, bahwasanya proses pendidikan yang selama ini ditempuhnya telah terakumulasi dan teraplikasi dengan tepat. Bukan malah tergoyahkan dan semakin memperburuk pola kehidupan dari sebelumnya sehingga membentuk karakter yang salah dan tidak bermoral.
Dalam kaitannya hal ini, ada hubungan yang kuat dan terikat, yang semestinya tidak terpisahkan. Hubungan tersebut adalah kemampuan dalam penggunaan teknologi masa kini (aplikasi) dan kesiapan dalam menyeleksi setiap perubahan dengan moral. Semuanya tersebut tidak lain karena kemampuan yang tanpa didukung dengan moral akan menghasilkan hal yang tidak maksimal. Demi mencapai keseimbangan dalam dua aspek tersebut, tentunya dibutuhkan suatu sistem yang baik dan tepat agar keduanya bisa dicapai oleh setiap orang dengan sempurna. Sistem tersebut merupakan kumpulang langkah yang strategis dan efektif dalam menyikapi setiap permasalahan yang timbul.
Kitannya dengan peningkatan Riset dan Teknologi adalah tidak lain mendorong pemuda untuk dapat menguasai dengan detail (kebaikan dan keburukan) dalam mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan. Adanya riset serta penelitian yang terwujud, akan diketahui gambaran dan kegunaan secara lengkap bila karya tersebut nantiya dipergunakan. Kecenderungan sekarang ini, masyarakat lebih suka menerima sesuatu karya yang instan dan terjangkau, tanpa ingin mengetahui lebih dalam terkait efektifitas, keamanan dan keuntungan serta keburukan yang ditimbulkan dalam aplikasi karya tersebut.
Terciptanya hubungan yang solid dan convertabel antara karakter dan riset-teknologi, akan menumbuhkan generasi pemuda yang beradab, cerdas, kritis dan solutif. Sumber yang menjadikan hal tersebut bisa demikian adalah seseorang itu telah siap dengan moral yang teguh, pikiran yang kritis dan pemecahan masalah yang tepat, sehingga setiap kali ada permasalahan dizaman sekarang yang marak terjadi dapat segera ditangani dengan toknologi yang tepat dan ide yang cerdas. Namun, semuanya tersebut perlu disadarai bahwasanya dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan kondisi lingkungan yang kondusif. Agar prospek kedepan akan membuat hasil yang sempurna dan bermanfaat.
Disamping hal diatas, yang penting juga untuk mendapatkan perhatian demi menunjang terwujudnya keseimbangan antara karakter dan riset-teknologi adalah adanya kesadaran dan kesungguhan dalam diri yang bersangkutan untuk senantiasa mengupayakan menjaga perilakunya. Kita tahu sendiri, bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun begitu, kesediaan untuk membangun sosial network yang baik juga perlu untuk dipikirkan. Adanya demikian dimaksudkan agar tidak terbentuk sifat individualis dan egois.
Dari uraian singkat diatas, meskipun tanpa disertakan data pendukung yang valid dan terupdate, kiranya sebagai mahasiswa sudah menjadi keharusan bagi kita untuk dapat mengetahui segala permasalahan terkait hal ini. Sungguh sangat ironis, bila sebagai mahasiswa tidak timbul sedikitpun kepekaan dan kekritisan pada setiap fenomena yang terjadi dikampus. Memang tugas utama kita adalah belajar dan mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh Dosen. Namun meskipun begitu, kita tetap seharusnya mampu untuk membangun karakter dalam memahami hal tersebut. Tentunya kita tidak mau bila dicap sebagai mahasiswa yang bodoh dan lemah.
Untuk memperkuat pernyataan diatas, tentunya kesimpulan saat ini yang dapat kita jadikan acuan adalah bahwa ada kaitan yang kuat antara karakter dan riset-teknologi. Kedua hal tersebut bahkan saat ini menjadi salah satu tolak ukur dari kualitas dan persaingan diantara bangsa-bangsa di dunia ini. Nah saat inilah, waktu yang tepat untuk mengangkat prestasi bangsa oleh pemuda khususnya mahasiswa agar Indonesia semakin berkembang dan diakui oleh dunia. Semoga bermanfaat …

Oleh : M.P. Agung Bastian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar